CARA MELAMPAUI BATAS DIRI

CARA MELAMPAUI BATAS DIRI

Cerita ini bermula dari beberapa hari yang lalu dimana saya berkesempatan memberikan sebuah training Entrepreneurship di Bogor. Karena acara dimulai jam 14.00 maka saya berangkat dari Jakarta pukul 10.00, perjalanan dari Jakarta menuju bogor kurang lebih 1.5 jam, berangkat lebih awal dengan harapan jalan lebih santai.

500 meter setelah memasuki gerbang tol cakung, di belakang saya ada sebuah mobil sedan mitsubishi berwarna hitam yang melaju dengan kecepatan tinggi. Saya melihat walaupun mobil tersebut melaju kencang, pengendara tersebut tidaklah memaksakan kehendak.

Jika mobil di depannya tidak mau memberi jalan, maka ia yang mengalah dengan mengambil jalan ke kiri dahulu baru kemudian balik lagi ke jalur kanan.

Jiwa muda saya pun muncul dan tertantang untuk dapat mengimbangi kecepatan nya, saya mencoba mengikuti mobil tersebut dari belakang dengan jarak kurang lebih 4 meter.
Sesekali mobil tersebut menambah kecepatan maka saya pun reflex dan tergerak menambah kecepatan guna mengimbangi laju mobil tersebut.

Saya melihat spedometer, jarum menunjukkan angka 150 km/jam. Padahal selama ini, kecepatan tertinggi yang pernah saya capai adalah 100 km/jam, dan saya tidak berani melaju diatas itu, mengingat resiko yang tidak saya inginkan.

Namun dengan adanya mobil Mitsubishi tersebut, saya bisa melampaui kecepatan tertinggi mengendarai mobil saya. Sesuatu hal yang sulit dilakukan dan dibayangkan jika tidak ada sparring patner atau pemicunya.

Saya berhenti di suatu tempat, tepatnya di Rest area Cibubur, dan tentunya saya kehilangan mobil tersebut. Namun ketika saya mencoba  memacu kendaraan lagi dengan kecepatan yang sama, 150 km/jam, dan saya berhasil mencapai kecepatan tersebut tetapi tidak berani terlalu lama karena belum terbiasa.

Ketika kemudian ada mobil lain, yang melaju dengan kecepatan tinggi saya bisa masuk lagi ke 150 km/jam dengan durasi yang cukup lama dari sebelumnya.

Cerita saya di atas juga dapat menggambarkan kehidupan ini, seringkali kita merasa sudah maksimal melakukan sesuatu. Kita merasa tidak mungkin lagi melakukan sesuatu yang lebih baik lagi. Namun kalau kita mempunyai sparring partner yang lebih hebat dari kita, mungkin itu, seorang atasan, seorang coach, seorang mentor, role model atau apapun, maka kita bisa terpacu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Namun jika kita belum matang, lalu belajar dan mencoba untuk mandiri, mungkin agak sulit bagi kita untuk terus berada di kondisi yang sama seperti ketika ada sparring partner. Nantinya jika kita sudah mempunyai pola dan terbiasa, barulah kita mulai bisa mandiri.

Robert Kiyosaki mengatakan bahwa PENGHASILAN SESEORANG ditentukan dari 5 ORG TERDEKATNYA. Ilustrasi saya mengenai kecepatan mobil bisa menjelaskan pernyataan dari Robert Kiyosaki tersebut.

Jika orang-orang di dekat kita hanya biasa-biasa saja, maka sulit bagi kita untuk melakukan sesuatu yang luar biasa. Namun kalau kita biasa tetapi di sekeliling nya luar biasa, maka kita akan terpacu untuk juga menjadi luar biasa.

Apakah ada penjelasannya secara Science ???

Ternyata ada. Di dalam otak manusia ada sekumpulan sel syaraf yang disebut Mirror Neuron, yang bertugas meniru apa yang dilakukan oleh orang lain.

Jika di sekelilingnya orang hebat atau luar biasa, maka Mirror Neuron kita akan meniru mereka sehingga menjadikan kita juga hebat dan luar biasa. Kalau sebaliknya, maka Mirror Neuron-pun juga akan meniru yang sebaliknya.

– Siapa MOBIL HITAM yang akan anda ikuti agar bisa menembus kecepatan anda selama ini ???

– Siapa ORANG HEBAT dan LUAR BIASA yang akan anda ikuti agar bisa menembus batas yang selama ini membatasi hidup anda ???

TEMUKAN ORANG tersebut, Ikuti dan Pelajari bagaimana orang orang sukses ini memandang dirinya, bagaimana keyakinan dan nilai-nilai kehidupan yang ia pegang, bagaimana ia membangun kapabilitasnya, bagaimana tingkah lakunya, maka anda akan mendobrak batas yang selama ini membatasi hidup anda !!!

Seperti quotes dari Antony Robins :
"if you want to be successful, find someone who has achieved the result you want and copy what they do and you'll achieve the same results"  

Semoga Bermanfaat..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.