JANGAN LAKUKAN 5 HAL INI SAAT MENGGUNAKAN WIFI GRATISAN..!!

JANGAN LAKUKAN 5 HAL INI SAAT MENGGUNAKAN WIFI GRATISAN..!!

gang6blokr-Jaman sekarang, khusus nya di perkotaan besar gaya hidup sudah kian berubah semua serba cepat, mulai dari pemesanan makanan, pengantaran dari satu tempat ke tempat lainnya, transaksi keuangan serta banyak lagi yang hanya dapat dilakukan dengan Smartphone. Begitu juga dengan hah hal yang bersifat administratif, sekarang ini sudah mayoritas berubah yang awal nya Offline menjadi Online, sebut saja, Pendaftaran CPNS secara online, melamar pekerjaan secara online, mengirimkan tugas Kuliah dengan cara meng-upload serta banyak hal lain nya. Semua dapat dilakukan dengan mudah bila terdapat akses jaringan internet. Namun mahal nya harga quota internet membuat orang mencari jalan alternatif dengan cara mencari akses Internetan gratis atau istilah trend nya Free Wifi. Tapi tahukan anda bahwa ada hal hal yang jangan dilakukan saat menggunakan Akses Internet Gratis, karena dapat membahayakan privasi anda sendiri.

Berikut ini 5 Hal yang jangan anda lakukan saat menggunakan Wifi Gratis :

1. BERTRANSAKSI ONLINE

Internet banking dan mobile banking menjanjikan kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan. Akan tetapi justru disitulah menariknya transaksi online bagi para penjahat cyber.

Meski internet banking dan mobile banking semakin disempurnakan keamanannya, semua itu akan sia-sia jika kamu tidak berhati-hati saat melakukan transaksi online. Bertransaksi online lewat WiFi gratisan adalah salah satu contohnya. WiFi gratisan biasanya tidak dibangun dengan keamanan tinggi. Itulah kenapa sangat tidak dianjurkan untuk bertransaksi online lewat jaringan ini karena dapat menjadi salah satu bahaya WiFi gratis. 

2. MENGAKSES SISTEM INFORMASI INSTITUSI atau PERUSAHAAN
Seperti yang diketahui, saat ini semakin banyak institusi pemerintah maupun perusahaan yang membangun sistem informasi mereka sendiri. Di sistem informasi inilah mereka menyimpan data-data karyawan hingga data-data sensitif lainnya. Salah satu contohnya adalah sistem informasi akademik mahasiswa. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pembobolan akun, sebaiknya hindari mengakses sistem informasi tersebut melalui jaringan WiFi gratis.


3. MENGAKSES INFORMASI INFORMASI SENSITIF
Aktivitas browsing mungkin terdengar biasa saja. Semua orang berselancar mencari informasi di dunia maya. Tapi saat informasi yang diburu adalah informasi sensitif seperti kebenaran akan suatu peristiwa yang sengaja ditutup-tutupi, rahasia negara atau perusahaan yang disebarkan oleh para whistleblower, kamu tidak bisa mengakses informasi-informasi ini begitu saja apalagi melakukannya lewat smartphone tanpa menggunakan proxy sama sekali. Lalu lintas data melalui WiFi gratisan sebenarnya tidak terlalu sulit dibaca ataupun dibajak. Karena itu, ada baiknya kamu membatasi informasi apa saja yang hendak kamu akses lewat jaringan ini.


4. MENGUNJUNGI DEEP WEB atau DARK WEB
Deep Web atau Dark Web adalah tempat yang cukup berbahaya. Ada berbagai jenis virus yang tersebar di beberapa situs Deep Web. Bahkan tak jarang ada website yang mematai-matai pengunjungnya, bukan hanya mematai-matai halaman apa saja yang kamu kunjungi.

Dalam beberapa kasus, bukan tidak mungkin webcam, kamera depan, atau microphonemu juga ikut dibajak. Saat mengakses internet di WiFi gratisan kamu juga relatif lebih mudah dilacak. Jadi saat ingin mengakses situs-situs Deep Web, sebaiknya hindari menggunakan WiFi gratisan, apalagi jika kamu sampai melakukan aktivitas ilegal.

5. MELIHAT KONTEN YANG KURANG PANTAS

Mengakses konten-konten berbau pornografi memang tidak sepantasnya dilakukan, terlebih melakukannya di area publik seperti areahotspot gratisan. Selain melanggar etika dan norma, melakukan hal tak senonoh seperti ini juga bisa merusak pandangan orang terhadapmu.


Mudah bukan untuk tidak dilakukan, so.. teman teman tetap waspada dan hati hati serta bijaklah dalam menggunakan Akses Internet Gratis / Free Wifi.

source : https://jalantikus.com 
Semoga Bermanfaat...

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.