FUTURE..!! ARE YOU READY...?
gang6blokr-Future.. Are You Ready? (Masa Depan,. Apakah Anda Sudah Siap?), sebuah pertanyaan besar yang mungkin saja timbul dalam diri kita, mudah atau sulit untuk menjawab nya..??
Ada sebuah perusahaan bernama Garmin.
Mereka memproduksi GPS navigation system yang banyak dipasang di mobil
mobil.
Dan pada saat itu angka penjualan mereka naik pesat selama bertahun
tahun.
Tetapi ternyata tidak lama kemudian, bencana itu datang ........
Dan ternyata dunia dibanjiri smart phone.
Tiba tiba orang tidak membeli lagi Garmin GPS system buat mobil lagi.
Penjualan mereka pun turun drastis.
Bencana .......bencana ...... bencana .......?
Bencana yang sama pernah dialami Kodak pada saat orang tidak mencetak
photo lagi,
dialami Nokia pada saat orang tidak menggunakan telepon untuk
komunikasi dengan voice (suara),
dialami Blackberry pada saat orang tidak messaging menggunakan BBM
lagi,
dialami perusahaan-perusahaan minyak pada saat kita menginginkan alat
transportasi yang ramah lingkungan,
dialami kantor kantor cabang bank pada saat pelanggan tidak mau lagi ke
cabang (dan lebih suka menggunakan ATM dan mobile banking),
dialami bus-bus malam pada saat pelanggan lebih suka naik pesawat
dengan selisih harga yang sedikit .........
belum lagi dengan keberadaan ojek maupun taxi online yang memberikan harga yang jauh lebih murah dari ojek maupun taxi konvensional...
Contohnya sudah cukup banyak..?
Karena memang perubahan itu
sedang terjadi di mana mana, di semua bidang, di semua industri, di semua
negara.
The world has changed.
The world
is changing. And the world will continue to change ....
Charles Darwin ...... dalam
penelitian di pulau Galapagos menemukan sesuatu yang menarik. Kesimpulan Darwin
yakni :
"Bahwa makhluk yang paling sukses bukannya yang paling kuat,
tetapi yang mampu bertahan dengan perubahan"
Kalau kita sesuaikan dengan context jaman sekarang ternyata,.
bukan manusia yang paling kuat yang paling sukses,
bukan manusia yang paling cakep yang paling sukses, dan
bahkan bukan yang paling pintar yang sukses (makanya para juara 1 di
sekolah kita dulu sering kali bukan menjadi yang paling sukses dalam
kehidupan).
Ternyata yang paling sukses
adalah yang orang yang paling mampu bertahan menyesuaikan diri dengan perubahan.
Pada saat Kodak dan Nokia mobile
phone tidak mampu bertahan, ternyata ceritanya Garmin berbeda banget.
Meskipun waktu itu
mereka jaya dengan product product GPS, Garmin sudah menyiapkan product-product
dan inovasi di bidang lain....... yaitu gadget-gadget untuk alat kesehatan dan
fitness.
Jadi ternyata pada saat angka
penjualan GPS system turun, mereka langsung ganti focus dan mengencangkan
penjualan gadget untuk fitness and health.
Tidak lama kemudian angka
penjualan pun meroket lagi. Wow..!!!
Why?
Because they are ready for the
future..!
Karena mereka siap menghadapi
masa depan.
Apakah Nokia mobile phone ready?
No, they are not.
Apakah Blackberry ready? No.
Apakah bus bus malam ready? No.
Apakah perusahaan perusahaan
minyak ready? No.
Padahal perusahaan perusahaan itu
mungkin dulu lebih jaya dan lebih kaya daripada Garmin.
Tetapi mereka tidak ready. Dan
mereka tidak mampu beradaptasi dengan perubahan!
By the way, ini bukan hanya
berlaku pada perusahaan, ternyata ini juga berlaku pada diri kita dan karier
kita.
Dan juga untuk karier anak anak
kita kelak nanti.
Sebaik apapun profesi yang kita
tekuni, bidang yang kita jalani, dan industri di mana kita bekerja tetap saja
ada resiko yang mengancam karier kita.
Tidak ada yang pasti dalam karier
kita..
So please, jangan pernah complaint kepada perusahaan
atau kepada atasan kita dengan mengatakan "Saya merasa tidak ada kepastian
dengan karier saya di perusahaan ini".
Kehidupan kita ini tidak akan
pernah ada kepastian!
Kalau anda bagus anda akan maju, kalau tidak ya anda
tidak akan pernah dipromosi. It is easy as that. Jangan mengharapkan kepastian.
Belasan tahun lalu banyak
teman mendaftar ke Teknik Sipil dan
berharap bahwa mereka akan menjadi Insinyur Pembangunan, pada saat lulus
ternyata ada krisis moneter dan pembangunannya di rem.
Kebingungan mereka.
Beberapa tahun lalu anak anaknya
teman teman pada mendaftar jurusan
perminyakan, karena bapaknya pada kaya karena kerja di perusahaan minyak. Sekarang
mereka lulus, dan ternyata tidak ada perusahaan minyak yang merekrut. Boro-boro
merekrut, karyawan yang ada saja di PHK.
Sekarang lulusan perminyakan
banyak yang mendaftar jadi agen penjualan asuransi (which is great, berarti
mereka punya plan B).
Kalau anda sekarang jadi teller,
siap siap bahwa jumlah teller yang dibutuhkan akan turun (karena banyak yang lebih suka ke ATM atau via Mobile
Banking).
Kalau anda kuliah kedokteran siap
siaplah bahwa mungkin pendapatan dokter di masa depan akan tidak sebanyak masa
lalu.
Always always ....... siap-siap
dan pelajari trend dan bersiap untuk masa depan dengan mempelajari hal baru dan
menambah differentiator anda.
Jadi apa dong yang kita bisa lakukan untuk mempersiapkan masa depan
kita ?
What can we do to prepare for the future ....
1. CONTINUE TO PERFORM AT WHAT
WE DO
Tetap fokus pada apa yang anda
lakukan and always perform and contribute at the maxinum level.
2. READ, WATCH, OBSERVE, LEARN
Selalu
mengamati apa yang terjadi di dunia luar sana. Lihat TV, dengerin Radio, browse
Internet, baca buku, koran dan majalah
3. UNDERSTAND THE CHANGE THAT IS
HAPPENING
Perhatikan pattern perubahan yang sedang terjadi.
Apa yang sedang berubah pada...
- pola pikir manusia
- perilaku konsumen
- bisnis
- regulasi
- politik
- trend demographic
- trend urbanisasi
- trend digital
4. LEARN SOMETHING NEW, INCREASE
OUR DIFFERENTIATORS
Kita sudah punya beberapa
differentiator yang mengantarkan ke
karier kita sekarang.
Pelajari competency baru, skills
baru, dapatkan knowledge baru, sertifikasi profesi yang baru, pelajari bahasa
asing lain. Semuanya akan menambah differentiator kita untuk menambah
kesiapan di masa depan.
5. BE HUMBLE, KEEP AN OPEN MIND
AND ALWAYS WANT TO LEARN
Terakhir .. kita harus mengerti ... we don't know what we don't know.
Lets be humble and open mind.
Mari kita belajar, dari siapa saja...
- dari boss kita
- dari customer kita
- dari peer kita
- dari supplier kita
- dari anak buah kita
- dari pegawai yang baru join di
perusahaan kita.
Kadang-kadang anak baru yang
masih muda ternyata membawa perspektif baru dan membuat kita belajar dari sudut
yang lain.
Let's be humble and keep an open
mind...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar